Hal yang Dipelajari
Michelle Vania Narpati

Saya mendapatkan banyak hal ketika saya mengikuti magang di BCA selama 5 hari. Di sana saya mendapatkan pengalaman yang sangat berguna bagi kehidupan saya kelak, karena pada saat kita beranjak dewasa pun kita harus berhubungan dengan yang namanya pengoperasian bank. Dalam waktu 5 hari tersebut saya telah mencoba di bagian CSO,Teller,dan BO. Kedua hal tersebut merupakan peranan yang paling berperan sangat penting dalam dunia bank. Berikut penjelasan tentang CSO yang telah saya dapatkan di BCA Galaxy :
  1. Kepala Bagian CSO dipimpin oleh Pak Teguh dan Inu Ana Yuliana
  2. Bagian dari bank yang bertugas untuk melayani nasabah maupun calon nasabah
  3. Adapun syarat-syarat yang dimiliki untuk membuka rekening BCA yaitu :
  • Akan diberikan pertanyaan mengenai  tujuan calon nasabah dalam keiiginannya membuka rekening
  • Calon nasabah harus memberikan penjelasan tentang keiinginannya membuka rekening
  • Diperlukan identitas pribadi seperti KTP, untuk KTP luar kota harus memiliki nomor telepon rumah, dan untuk penduduk luar negeri diperlukan data diri berupa paspor dan KITAS ( Kartu Ijin Tinggal Sementara)
     4. CSO adalah bagian bank yang melayani pembukaan rekening tabungan, giro, tapres, deposito, dan
         Tabunganku
     5. Melayani penggantian buku tabungan baru
     6. Tugas dari CSO adalah sebagai berikut :
  • Mencetak transaksi ke buku
  • Mencetak LLG
  • Mencetak nota debet/kredit
  • Mencetak Mutasi harian
  • Mencetak SP deposito
  • Mencetak buku kecil baru
  • Mencetak transaksi ke buku kecil
  • Mencetak transaksi langsung
Saya juga belajar mengenai bagian "PRIORITAS" dalam BCA dengan fasilitas-fasilitas yang jauh lebih diunggulkan daripada tabungan biasanya, berikut penjelasannya :
  1. Tidak perlu mengantri
  2. Memiliki ruang tunggu
  3. Disediakan snack dan minuman
  4. Menyediakan lounge airport bagi nasabah BCA yang hendak bepergian melalui penerbangan, Nasabah BCA dapat menggunakan lounge BCA sebagai tempat tunggu dalam menunggu keberangkatan pesawat.
  5. Jika pada saat bepergian ke luar negeri maka BCA akan membantu nasabah pada saat check-in
  6. General Check up dan ada beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan BCA di Singapore, Malaysia, dll dapat discount khusus
  7. Mendapat majalah PRIORITAS 
  8. Untuk menjadi nasabah PRIORITAS dibutuhkan minimal 500juta dari seluruh rekening yang dimiliki oleh Nababah di BCA
  9. Mendapat discount safety box sebesar 50%
  10. Mendapat card Platinum secara gratis selama 5 tahun ( Annual Free )
Saya juga belajar bagaimana menjadi peran seorang teller di BCA, berikut penjelasan yang dapat saya ambil dari pengalaman saya magang di sana :

Teller adalah petugas bank yang menangani penerimaan maupun pembayaran transaksi uang tunai maupun non tunai yang dilakukan oleh nasabah. Sebelum memproses seorang teller harus melakukan verivikasi untuk memastikan kelengkapan, keabsahan dan ketepatan atas Cek atau Bilyet Giro ( BG ). Teller memiliki tangggung jawab yang besar atas uang tunai dan transaksi yang ia proses. Selain itu, Teller juga bertanggung jawab atas pengamanan peralatan-peralatan kerja di posisi counternya masing-masing.

Dalam menunjang pekerjaannya, teller harus memiliki peralatan – peralatan kerja, diantaranya adalah :
1.Komputer .
2.Money detector, alat deteksi ultra violet, dan kaca pembesar untuk melakukkan validasi atas keaslian mata uang.
3.Kotak uang (teller’s box) yang hanya dapat dibuka dengan menggunakan kunci pengaman yang setiap saat selalu berada dalam penguasaan teller yang bersangkutan.
4.Mesin penghitung uang untuk menghitung lembar uang kertas atau logam.
5.Mesin hitung yang dilengkapi kertas bukti (tell-strook).

Macam-macam transaksi yang dapat dilakaukan oleh teller, yaitu:
1.Penerimaan dan pembayaran uang tunai untuk dan dari rekening nasabah.
2.Setoran kliring, inkaso, pemindahbukuan dan Penerimaaan permohonan kiriman uang.
3.Penjualan dan pembelian valuta asing.

Seorang teller harus dapat menghitung uang dengan cepat. Karena itu dalam menghitung biasanya mereka menggunakan minimal dua jari. Mereka pun harus bersikap ramah, selalu tersenyum dan bersifat informatif kepada nasabah.
    Saya juga belajar mengenai Pembukuan di BCA, berikut penjelasannya :
    1. Biaya berasal dari KCP-KCP
    2. Transaksi yang sudah online sudah pasti benar
    3. Jika Sistem tidak perlu menarik uang
    4. Tidak perlu diperiksa
    5. Ada bagian personalia yang bertugas untuk mengurusi absensi karyawan, surat sakit yang berhubungan dengan kesehatan karyawan
    6. Semua transaksi diperbankan
    7. Hasil pendapatan cabang yang  dibukukan ke luar negeri diminta referensi ke bank dengan menggunakan data manual
    8. Akun perbankan--> Jasa
    9. Akun perusahaan ( untuk barang pabrik dan HPP-HPP)
    Evelyn Yunita



    Yang dapat saya perlajari selama 5 hari berada di BCA cabang Galaxy yaitu saya dapat mengetahui bagaimana cara untuk membuat tabungan baru/membuka rekening baru di CSO. Selama kita melayani customer kita harus bersikap ramah, sabar, selalu tersenyum dan menanyakan apa yang bisa di bantu, setelah itu mengucapkan terima kasih pada customer. Saya juga belajar bagaimana cara memasukan uang melalui teller. Juga bisa mengetahui bagaimana menghitung valas yang berada di BO teller. Bila kita berada di BCA prioritas, pasti kita lebih di proritaskan dan tempatnya jauh lebih bagus di banding kan yang biasanya. Saya juga belajar menghitung uang dengan menggunakan mesin maupun dengan cara yang cepat yaitu dengan menggunakan tangan untuk menghitung uang bila uang nya tidak sampai diatas ±5juta, juga bagaimana membuat bandel untuk uang, mecetak transaksi ke buku, mencetak traksaksi ke buku kecil dan lainnya.

    Angel Caroline 

    Selama saya di BCA, banyak hal yang saya dapatkan. Misalnya: cara membuka rekening, menjadi seorang customer service yang baik dan sabat dalam menangani berbagai macam customer, menganti buku, menjadi seorang teller, cara menghitung uang degan cepat, dan berbagai hal lainnya. Saya cukup senang ketika berada di BCA, karyawan BCA menerima kami dengan ramah dan sabar dalam mengajari kami. Di sisi lainm saya juga belajar untuk mentaati dan mengikuti peraturan yang ada, misalnya dalam berpakaian dan jam masuk serta jam pulang dari perusahaan. Saya juga belajar untuk mnghormati dan mengikuti perintah kepala cabang yang berwenang di perusahaan tersebut meskipun hanya dalam 5 hari, serta berusaha untuk bersikap ramah kepada setiap customer yang datang dan berusaha membantu sebisa saya. Itulah beberapa hal yang saya dapatkan selama 5 hari di BCA cabang Galaxy.

    Vilency Virany

    Ketika saya magang di BCA saya mendapatkan banyak hal yang saya dapat pelajari. Saya dapat belajar menangani customer yang susah di atur walaupun begitu kami diajarkan untuk tetap bersabar dan selalu tersenyum. Saya juga belajar bagaimana caranya membuka rekening baru, cara nyetor dan menarik uang, di salam BO teller saya diajarkan menghitung valas, kartu kredit dan lain-lain. Di bagian CSO nomer 6, 7, 8 kita dapat langsung mencetak buku tanpa harus menunggu lama/ tanpa antri. Saya juga belajar mengenai deposit box dan BCA prioritas. Di sana kita di sambut ramah oleh pegawai-pegawai BCA dan kita selalu di bantu bila kita mengalami kesusahan. Saya senang sekali bisa magang di BCA Galaxy karena sebelumnya saya tidak mengerti masalah perbankan dan juga saya mendapatkan banyak teman baru di sana. Di teller saya dan teman-teman saya di ajarkan menghitung uang menggunakan mesin bila uang nya banyak dan juga menggunakan tangan untuk menghtung uang yang sedikit.

        | edit post